5 Alasan Mengapa Anda Harus Pemanasan

Peregangan sangat penting dalam memulai dan mengakhiri latihan. Tetapi fungsinya melampaui mencegah ketegangan dan keseleo. Jadi mengapa melakukan peregangan?

  1. Peregangan sebelum memulai latihan mencegah cedera. Ini membantu otot-otot “melakukan pemanasan” dan bersiap sebelum membocorkan latihan yang lebih intens. Ini membantu mencegah “otot tertarik”. Ini memungkinkan rentang gerak yang lebih panjang. Misalnya, jika Anda akan melakukan pukulan kuat tanpa melakukan peregangan, Anda akan ‘mengagetkan’ otot-otot rileks Anda menjadi bergerak, sehingga akan menyebabkan rasa sakit dan sakit. Untuk mencegah hal ini terjadi, mulailah dengan memompa lengan Anda dengan lembut, atau dengan memperpanjang lengan Anda di atas atau di bawah. Anda juga dapat melakukan ekstensi tungkai, baik di tanah atau ditinggikan. Untuk peregangan kaki yang ditinggikan, itu tidak harus langsung, tetapi bertahap dan lambat. Semakin tinggi regangan kaki, semakin banyak otot ditarik, jadi kita harus melakukannya perlahan. Saat melakukan peregangan, jangan terpental. Memantul dapat menyebabkan robekan kecil (robekan mikro) pada otot yang dapat menyebabkan jaringan parut. Jaringan parut ini dapat membuat gerakan menyakitkan dan peregangan di masa depan menjadi lebih menyakitkan dan sulit. Jika Anda merasa peregangan menjadi lebih menyakitkan, itu berarti Anda sudah terlalu jauh. Fokus pada peregangan yang lebih nyaman dan bebas rasa sakit. Pastikan untuk meregangkan kedua sisi juga. Itu memperluas jangkauan gerak Anda lebih dari itu. Plus, gerakan tidak hanya berjalan satu arah, bukan?
  2. Peregangan meningkatkan fleksibilitas. Ketika Anda terus-menerus melakukan peregangan, Anda juga membuat diri Anda lebih fleksibel, sehingga kegiatan yang membutuhkan kelenturan, seperti menari dan menendang, lari cepat dan berlari, bahkan tugas-tugas dasar seperti mengangkat dan mengikat sepatu Anda, dapat menjadi lebih mudah. Fleksibilitas juga membuat orang bertambah usia, jadi sebaiknya peregangan secara teratur agar Anda dapat mempertahankan fleksibilitas.
  3. Peregangan meningkatkan aliran pernapasan dan pernapasan (atau oksigen). Peregangan memungkinkan oksigen mengalir lebih baik ke seluruh tubuh Anda dan juga membantu sirkulasi darah yang lebih baik. Nyeri dan luka pada tubuh biasanya berakar dari meningkatnya sesak dan tegang karena kekurangan oksigen yang mengalir ke berbagai bagian tubuh Anda. Peregangan memungkinkan oksigen untuk bergerak bebas dan bergerak lebih baik.
  4. Peregangan mengurangi stres dan memperbaiki postur tubuh. Stres menyebabkan otot-otot mengencang dan simpul, sehingga dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri punggung. Ketegangan menyebabkan efek negatif pada tubuh Anda. Otot mengeras dan memperlambat aliran oksigen (dibawa oleh darah) ke otak yang membingungkan pikiran. Peregangan mengembalikan aliran oksigen dan mengaturnya, mengoksigenasi kembali otak dan juga jantung. Selain berkontribusi besar pada sirkulasi atau aliran darah, peregangan juga melepaskan hormon endorfin atau hormon perasaan-enak dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa baik. Peregangan juga meningkatkan postur tubuh karena mencegah otot menjadi terlalu kencang, yang menyebabkan tubuh menjadi bungkuk dan kaku. Ketika Anda memiliki postur yang baik, sirkulasi mengalir lebih baik dan Anda dapat terlihat baik dan merasa baik sepanjang hari.
  5. Regangkan setelah berolahraga. Asam laktat menumpuk di otot Anda saat Anda berolahraga yang menyebabkan kelelahan dan rasa sakit. Ini dapat diatasi dengan latihan “pendinginan” atau peregangan pasca-latihan. Peregangan pasca-latihan dapat membantu dalam pemulihan olahraga, mengurangi nyeri otot yang datang setelah latihan dan memastikan bahwa otot dan tendon Anda dalam kondisi kerja yang baik. Jika Anda melakukan peregangan setelah berolahraga, Anda mengkondisikan otot-otot Anda, dan, dengan cara tertentu, Anda mengendurkan otot-otot Anda setelah rejimen yang kuat. Tujuannya adalah mengembalikan otot Anda ke tahap pra-latihan. Ini seperti memberi tahu otot Anda bahwa bagian yang sulit dari latihan telah selesai. Bagian dari latihan ini disebut “pendinginan” dan biasanya terdiri dari latihan ringan seperti jalan cepat, peregangan betis dan peregangan statis. Selain mengendurkan otot-otot Anda, olahraga mendinginkan juga dimaksudkan untuk mengembalikan oksigen jantung Anda, karena Anda terlalu banyak menggunakan oksigen. Ini berarti membiarkan pernapasan stabil dan otot-otot mendorong oksigen kembali ke jantung.

Leave a Comment