7 Manfaat Dibalik Lelahnya Latihan Kardio

Olahraga bukan hanya soal menguras tenaga dan keringat saja loh, tetapi juga soal pompa jantung yang berjalan dengan benar. latihan kardio atau aerobik pun seringkali menjadi pilihan untuk mendapatkan hal tersebut. Dilansir dari laman Bussiness Insider, Olahraga aerobik seperti joging, bersepeda, dansa atau senam sekalipun juga memiliki banyak manfaat ajaib bagi tubuh.

  1. Sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian menujukkan bahwa pesepeda amatir lanjut usia dengan rentang 55-79 tahun yang rajin bersepeda memiliki massa otot yang lebih kuat dan kandungan lemak yang rendah dalam tubuhnya dibanding para lansia yang tidak bersepeda. Bahkan beberapa sample juga menunjukkan mereka yang rajin bersepeda memiliki sistem imun yang lebih bagus dan terlihat lebih sehat.

  1. Membentuk otot

meski latihan kardio tak ditujukan untuk pembentukan otot, namun faktanya olahraga kardio juga bisa membentuk otot meski kurang efektif. Peneliti dari Ball State University pun mengungkapkan jika olahraga aerobik yang dilakukan secara tepat bisa membantu pertumbuhan otot sama halnya dengan latihan kekuatan.

  1. Menyehatkan Jantung dan Paru

Rajin olahraga aerobik terutama berenang ternyata juga bisa menyehatkan jantung dan paru loh, karena berenang pada dasarnya melatih tubuh menggunakan oksigen agar efisien. Laju jantung dan laju napas yang terlatih saat berenang pun bisa menjadi indikator sebagai kesehatan jantung.

  1. Menjaga performa jantung

Seiring berjalannya waktu orang yang berumur akan menjadi semakin pasif. Hal ini bisa membuat otot-otot jantung menjadi lebih kaku.  latihan aerobik secara teratur terbukti bisa membantu agar kondisi jantung tetap terjaga.

  1. memperbaiki mood

Olahraga memang melelahkan namun disisi lain juga bisa membuat orang menjadi lebih rileks dan tenang. Olahraga semacam hoging atau renang cukup efektif untuk melancarkan aliran darah sehingga otak bisa mendapat energi. Secara tak langsung hal ini membuat kadar hormon stress akan menurun.

  1. Pencernaan makin sehat

Olahraga kardio terbukti bisa memicu perubahan mikroba di usus. Saat flora usus kita seimbang maka kita akan lebih berenergi dan mengurangi terjadinya peradangan.

  1. Penurun Kolesterol

Olahraga bukan hanya sebagai pembakar lemak, tetapi juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu jangan heran jika dokter juga biasanya menyarankan untuk berolahraga sebagai langkah awal.

Leave a Comment