Bermain Golf Mengurangi Risiko Kematian Dini

Golf kini menjadi salah satu olahraga paling populer di kalangan manula di banyak negara. Di AS, sekitar 25 juta pergolf (statistik CNN). Presiden Trump adalah pemain golf yang bersemangat dan teratur, dengan lebih dari 260 hari hadir di lapangan golf selama tiga tahun berkuasa. Dan meskipun sudah berusia 73 tahun, Presiden Trump masih memiliki ayunan yang kuat dan sejauh pegolf muda.

“Tingkat dan intensitas aktivitas yang masuk akal dapat membantu mempertahankan aktivitas di waktu yang lama. Itu membantu orang mempertahankan minat mereka dan terus berlatih lebih sering, ”kata Dr. Adnan Qureshi, pemimpin penelitian, Profesor Neurologi Universitas Missouri. Selain itu, penulis penelitian di Institut Stroke Zeenat Qureshi juga menyarankan orang tua untuk memilih golf jika mereka ingin berolahraga karena efek golf.

Mengapa golf dapat meningkatkan kesehatan?

Para peneliti menganalisis data dari Zeenat Qureshi Stroke Institute – Sebuah studi tentang faktor-faktor yang menciptakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke pada orang yang berusia 65 tahun ke atas untuk menentukan apakah bermain golf secara teratur Mengurangi risiko serangan jantung, stroke atau kematian pada lansia?

Dari 1989 hingga 1999, peserta studi menjalani pemeriksaan medis tahunan dan pemeriksaan medis rutin setiap 6 bulan. Pada akhir pemeriksaan, orang akan dihubungi secara teratur untuk menentukan apakah mereka mengalami serangan jantung atau stroke.

Dari hampir 5.900 peserta dalam studi yang secara teratur bermain golf, sekitar 384 orang bermain golf setidaknya sebulan sekali. Tidak ada perbedaan dalam tingkat serangan jantung atau stroke di antara pegolf selama masa pengujian. Karena itu, golf bukanlah faktor pelindung terhadap stroke dan serangan jantung. Namun, ketika membandingkan tingkat kematian antara pegolf dan non-pegolf, para peneliti menemukan pegolf memiliki tingkat kematian 8% lebih rendah (dari semua penyebab) dari pada mereka yang tidak bermain golf.

Dengan demikian, meskipun belum terbukti mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, golf adalah faktor terhadap risiko kematian dini dan merupakan pilihan yang tepat untuk lansia karena intensitas aktivitas yang rendah dan Sifat golf yang santai, tambah penulis.

Qureshi berkata: “Karena sifat sosial dan kecepatan yang terkontrol, orang sering mempertahankan motivasi dan kemampuan untuk terus bermain golf bahkan di usia tua, setelah menderita serangan jantung atau stroke. Berjalan dengan intensitas rendah dan jogging bisa menjadi latihan yang setara, tetapi tidak memiliki elemen kompetitif dan menantang yang ditawarkan golf. Olahraga teratur, paparan udara segar, polusi yang lebih sedikit, dan interaksi sosial yang ditimbulkan oleh golf semuanya bermanfaat bagi kesehatan ”.

Sementara penelitian menemukan pegolf memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dari pada bukan pegolf, Dr. Ulf Ekelund, seorang profesor kedokteran olahraga di Sekolah Ilmu Olahraga Norwegia, mengatakan. Mengetahui dia tidak berpikir itu mungkin untuk menyimpulkan golf mengurangi risiko kematian dini.

Pak Ekelund mengatakan bahwa karena penelitian ini tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti: Apakah pegolf merokok atau memiliki perilaku tidak sehat lainnya? Hasilnya bisa berarti pegolf “umumnya lebih sehat”. Selain itu, penelitian tidak mencatat bahwa pegolf sering berjalan atau mengendarai mobil listrik saat bermain golf.

“Penelitian lain secara konsisten menunjukkan bahwa aktivitas fisik pada intensitas apa pun dikaitkan dengan penurunan risiko kematian. Jika orang tua suka bermain golf, mereka harus melanjutkan tetapi saya yakin bahwa jalan kaki teratur juga baik untuk kesehatan dan umur panjang. ”

Selain itu, ada beberapa kebiasaan sehat lain yang dapat diterapkan orang untuk mengurangi risiko kematian dini. Tidur yang cukup, makan makanan yang seimbang, hindari makanan yang diproses ultra (produk yang nyaman, makanan cepat saji dan minuman dengan banyak zat tambahan, proses pengolahan industri) dapat mengurangi risiko kematian. Memiliki anjing peliharaan juga mengurangi risiko ini 24% (menurut ulasan oleh Dr. Caroline Kramer yang diterbitkan di majalah Circulation of American Heart Association).

Studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah golf benar-benar dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Namun, golf adalah rekomendasi yang dibuat dokter untuk pasien usia lanjut ketika menawarkan olahraga, kegiatan kebugaran.

Leave a Comment