Genset Gagal Nyala, Ini Penyebabnya!

Disaat kerjaan banyak mendadak ada pemadaman listrik, Sialnya genset yang diandalkan ternyata ngambek susah di starter. Polemik seperti ini seringkali terjadi dimana saat dibutuhkan genset yang seharusnya selalu ready setiap saat malah tidak mau menyala. Lalu sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

  1. Batere/Aki mulai tekor

Permasalahan genset yang susah menyala biasanya disebabkan oleh kondisi aki yang mulai ‘tekor’. Kondisi ini terjadi karena power yang dihasilkan aki sudah tidak kuat untuk menggerakkan mesin saat pertamakali menyala. Putaran mesin pun menurun dan pembakaran menjadi tidak sempurna. Oleh karena itu ada baiknya mulai sekarang anda harus merawat aki agar tidak tekor.

– Selalu cek air, Jika air elektrolit mulai mendekati low, segera isi ulang kembali. Jangan pernah membiarkannya hingga kekeringan.

– Terminal aki sangat berpengaruh dalam menghasilkan tegangan. Oleh karena itu selalu jaga agar terminal tetap dalam keadaan bersih . Jika ditemukan kerak pada tterminal aki bisa coba membersihkannya dengan air panas.

– meski tidak digunakan, aki tetap harus dinyalakan agar aki tetap terisi listrik. minimal selalu gunakan aki 2 minggu sekali.

– Ganti aki. Semakin sering digunakan semakin berkurang pula kemampuan aki. Jika dirasa sudah benar-benar drop maka lebih baik ganti saja daripada harus diservis ulang.

  1. Mesin Macet

Saat genset menyala mendadak mati dan susah dihidupkan kembali? bisa jadi itu dikarenakan mesin macet atau bahasa teknisi disebut jammed. Hal ini terjadi karena terjadinya overheating pada mesin. pembakaran  dan ruang bakar menghasilkan panas yang tinggi, nah saat pendingin tidka bisa bekerja maksimal maka panas tersebut bisa menyebabkan overheating. Oleh karena itu selalu jaga dan rawat sistem pelumasan dan pendinginan yang ada pada genset. Baca juga :  https://www.abcpowergenset.com/harga-genset/

  1. Adanya air dalam bahan bakar

Air yang masuk ke dalam injeksi bbm genset bisa menyebabkan karat. Munculnya karat pada sistem injeksi ini nantinya akan menganggu sistem kerja injeksi itu sendiri hingga mesin akan susah distart atau justru tidak bisa dikendalikan kecepatannya.

  1. Penyumbatan bahan bakar

Terjadinya penyumbatan pada jalur bahan bakar ini bisa menyebabkan genset menjadi tidak normal. Secara teori dalam tangki memang sudah ada water separator yang beguna untuk memfilter air dan partikel halus. Namun, jika terlalu banyak kotoran yang terbawa biasanya justru membuat nozzle menjadi tersumbat sehingga tidak bisa menyemprotkan solar secara optimal ke ruang bakar mesin.

Leave a Comment