Info Tentang Tips Olahraga Cardio

Apa sih olahraga cardio itu? Mungkin masih asing di telinga kita ketika mendengar olahraga ini. Sebenarnya olahraga cardio adalah olahraga atau kegiatan fisik yang bertujuan untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Cardio sendiri berasal dari kata cardiovaskular atau semua yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Beberapa jenis olahraga cardio adalah jogging di tempat, lompat tali, jamping jacks, dan mountain climbers. Olahraga ini mampu meningkatkan denyut jantung dan dapat menurunkan berat badan tubuh. Jika kita ingin mencoba olahraga ini, sebaiknya baca dulu tips olahraga cardio di bawah ini, agar hasil yang kita dapatkan bisa maksimal.

Jika ingin hasil yang maksimal ketika berolahraga cardio, tidak ada salahnya kita harus perhatikan tips olahraga cardio berikut ini.

a. Lakukan pemanasan dan peregangan sebelum memulai olahraga. Pemanasan dilakukan dalam waktu 5-10 menit. Pemanasan dapat dilakukan dengan cara meregangkan otot dengan gerakan yang fleksibel.
b. Setelah melakukan olahraga jangan lupa lakukan pendinginan. Sama dengan pemanasan, lakukan pendinginan sekitar 5-10 menit.
c. Jika olahraga ini dilakukan dengan tujuan kesehatan, maka lakukan aktivitas aerobik dengan intensitas sedang minimal 30 menit.
d. Jika olahraga ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, maka waktu yang dibutuhkan 20 hingga 35 menit per hari.
e. Saat berolahraga cardio harus meningkatkan intensitas sedikit demi sedikit. Misalnya berjalan kaki, jadi tingkatkan jumlah menit berjalan kaki tiap sesinya.

Lakukan tips tersebut dengan benar agar pada saat berolahraga cardio kita tidak mengalami cidera atau gangguan apapun.

Olahraga cardio memang mempunyai banyak manfaat, apalagi jika tips olahraga cardio dilakukan dengan benar. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, melakukan olahraga ini secara rutin pasti akan membuahkan hasil. Tetapi tentu saja juga harus menjaga pola makan dengan benar. Sebelum melakukan olahraga ini bagi Anda yang mempunyai penyakit tertentu atau sedang mengkonsumsi obat khusus disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Tujuannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, karena olahraga ini dapat berpengaruh terhadap jantung dan paru-paru Anda.

Leave a Comment