Latihan Kardio Vs Kekuatan, Mana yang lebih baik di dahulukan?

Saat kamu memutuskan untuk berolahraga, mungkin ada sebagian dari kalian yang masih bingung untuk memutuskan olahraga mana yang harus lebih diutamakan latihan kardio atau strength. Sebenarnya tidak ada yang salah atau benar dalam memilih kedua jenis olahraga tersebut karena semua kembali lagi ke pilihan dan tujuan masing-masing.

Sebagai gambaran ketika anda ingin memiliki otot yang lebih besar dan kuat, maka anda bisa memprioritaskan olahraga strengh. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus dalam mencapai tujuan tersebut. Namun, jika tujuanmu adalah menurunkan berat badan dan membakar lemak yang ada dalam tubuh anda maka pilihlah latihan kardio sebagai yang utama.

Baik latihan strength maupun kardio pada dasarnya sama-sama membakar lemak, namun yang berbeda adalah tingkat kecepatannya dan caranya saja yang berbeda. Sayangnya ketika kamu memilih untuk melakukan kardio pastikan terlebih dahulu kamu mengenali efek dari latihan kardio yang akan anda rasakan.

  • Pembakaran kalori dalam tubuh lebih maksimal

Latihan kardio bisa memaksimalkan pengeluaran kalori serta membakar lebih banyak lemak dengan cepat jika dibanding latihan strength.

  • Efek pembakaran kalori

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh strength and conditioning research mengungkapkan bahwa melakukan latihan kardio bisa memaksimalkan jumlah EPOC (Excess Post Exercise Oxygen Consumption) jadi semakin tinggi jumlah EPOC maka semakin tinggi pula kalori yang terbakar dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut setidaknya ada 10 orang yang melakukan 3 latihan yang berbeda, dimana kelompok satu hanya latihan beban saja, kelompok kedua latihan beban lalu lari dan kelompok terakhir latihan lari lalu latihan beban. hasilnya menujukkan bahwa efek pembakaran kalori terjadi pada kelompok yang melakukan lari terlebih dahulu sebelum akhirnya latihan beban.

Penelitian lainnya pun menemukan bahwa latihan lari sehabis latihan beban malah membuat tidak maksimal karena tubuh lebih mudah merasa lelah karena energi sudah habis saat angkat beban. Sementara itu dilansir oleh Livestrong, Latihan aerobik dengan intensitas ringan-sedang sebelum angkat beban ternyata memiliki efek pada kontraksi otot.

Jadi buat anda yang lebih memilih latihan untuk pembuatan otot maka tak perlu khawatir akan efek latihan kardio. Namun yang pasti pilihlah latihan yang sesuai agar tenaga yang anda keluarkan nantinya bisa lebih maksimal.

Leave a Comment